5 Tips Agar Tidak Mabuk di Dalam Bis yang Paling Ampuh

Siapa di sini yang suka mabuk saat naik bis? Mabuk saat melakukan perjalanan dengan bis, sering terjadi akibat dari berbagai hal. Bagi orang yang sering mabuk saat naik bis, memang rasanya sangat tidak mengenakan dan mengganggu perjalanan. Tapi tenanglah, lantaran di sini akan dibahas sejumlah tips agar tidak mabuk di dalam bis yang ampuh saat perjalanan.

5 Tips Agar Tidak Mabuk di Dalam Bis

Mau tahu apa saja tipsnya? Mari simak pembahasan berikut ini!

1. Kontrol Minum dan Makan

Tips agar tidak mabuk di dalam bis yang pertama adalah mengontrol makan dan minum. Perlu diperhatikan, sebelum bepergian usahakan jangan sampai perut kosong, makanlah sesuatu untuk mengisi perut. Hal ini, untuk mencegah rasa mual ketika terkena guncangan saat perjalanan.

Namun, memakan makanan pun harus diperhatikan, jangan sampai terlalu kenyang dan hindari makanan yang pedas dan mengandung lemak. Karena dapat menyebabkan rasa mulas dan mual.

Lalu, apabila saat sedang dalam perjalanan dan merasa lapar, dapat dengan memakan cemilan ringan yang lezat. Hindari makanan yang berat dan jangan lupa minum air putih. Jika saat perjalanan merasa mual, bisa juga disiasati dengan mengonsumsi permen jahe. Terdapat hasil riset membuktikan bahwa memakan satu atau dua permen jahe dapat mengurangi rasa mual.

2. Kontrol Situasi dan Hindari Bermain Game Lama

Mengontrol situasi merupakan hal penting juga dilakukan untuk menghindari rasa mual saat perjalanan. Terlebih jika melakukan perjalanan jauh, yang terkadang akan menimbulkan rasa bosan. Beberapa orang mungkin akan melakukan aneka tindakan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut dan mengontrol situasi agar tetap nyaman. Biasanya yang dijalankan adalah bermain game.

Bermain game tentu tidak salah dan sah-sah saja. Namun, lamanya bermain game tentu harus sangat diperhatikan agar tidak timbul rasa mual. Hal ini, bisa terjadi karena ketika seseorang terlalu lama menatap layar ponsel saat berkendara. Dapat memicu rasa mual yang berujung muntah. Jadi akan lebih baik, untuk membatasi waktunya atau dengan mengalihkan game dengan mendengar musik.

3. Pilih Tempat Duduk

Tips agar tidak mabuk di dalam bis selanjutnya adalah pemilihan tempat duduk yang tepat. Menentukan tempat duduk yang pas dan nyaman untuk menghindari rasa mual, tentu sangat penting dilakukan. Sebaiknya, pilihlah tempat duduk yang berada di tengah-tengah dan jangan yang dekat roda. Hal ini bertujuan, agar penumpang tidak terlalu merasakan guncangan, apabila duduk yang dekat dengan roda.

Lalu, akan lebih baik lagi, jika penumpang memilih tempat duduk di dekat jendela. Selain, dapat melihat pemandangan saat perjalanan, hal tersebut dapat menyingkirkan kebosanan dan mencegah mual dan pusing.

4. Tidur yang Cukup dan Atur Mindset

Tidur disinyalir merupakan cara yang ampuh untuk mencegah pusing dan mual selama perjalanan. Ada beberapa orang, ketika begitu duduk di dalam bis, akan mencari posisi yang nyaman untuk tidur tersebut. Hal ini, tidak salah dilakukan, apalagi jika sering merasa mual atau pusing.

Selain tidur, mengatur mindset juga sangat penting dilakukan. Aturlah mindset atau sugestikan diri sendiri sebelum berangkat bepergian. Kuatkan mental bahwa perjalanan akan terasa menyenangkan dan tidak akan memabukkan!

5. Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan

Tips agar tidak mabuk di bis yang terakhir adalah meminum obat anti mabuk perjalanan. Karena, kandungan yang terdapat dalam obat seperti ini dikatakan bisa mengurangi resiko terjadinya mabuk, meski tidak selalu akurat. Obat jenis ini dapat dibeli dengan mudah di apotek sekitar. Agar semakin optimal, maka jangan lupa bawa minyak angin, minyak kayu putih, balsem, atau lainnya.

Baca Juga: 5 CARA MEMILIH BIS TERBAIK UNTUK BERWISATA

Itulah tadi beberapa tips agar tidak mabuk di dalam bis saat perjalanan. Tips tersebut bisa dipraktekan sebelum dan saat perjalanan. Dengan mempraktekannya, tentu akan membuat perjalanan akan lebih menyenangkan dan resiko mabuk darat bisa dihindari!

Leave a Reply