Persyaratan dan Tahap Seleksi Pramugari Kereta Api

Pramugari tak hanya bekerja di pesawat saja, namun ada juga pramugari yang bekerja di kereta api atau yang disebut juga dengan train attendant. Train attendant ini bertugas untuk melayani penumpang kereta api jarak jauh selama perjalanan. Bagi para calon pramugari kereta api/ train attendant harus mengetahui beberapa syarat berikut:

Persyaratan Menjadi Train Attendant

Menjadi seorang train attendant berarti bertugas untuk melayani para penumpang selama dalam perjalanan jauh dengan kereta api. Para pramugari akan bertugas untuk mengawasi boarding penumpang dan menawarkan berbagai pelayanan kepada penumpang. Jika tertarik untuk bekerja di profesi ini, berikut adalah syarat yang harus dipenuhi:

1. Memenuhi Syarat Utama

Sebelum mendaftar menjadi seorang pramugari kereta api maka pastikan bahwa calon pelamar sudah memenuhi syarat utama yang ditentukan oleh perusahaan. Sebab jika tidak memenuhi syarat berikut ini maka dapat dipastikan bahwa pelamar tidak lolos seleksi. Syarat-syarat tersebut diantaranya:

  • Lulusan minimal SMA/SMK.
  • Pria atau wanita maksimal berusia 27 tahun.
  • Berat badan ideal dengan tinggi pria minimal 170 cm dan 160 cm untuk wanita.
  • Rata-rata nilai ujian nasional 6.00.
  • Tidak menggunakan kaca mata dan juga kawat gigi.
  • Berpenampilan menarik.
  • Belum menikah.
  • Mampu bekerja dibawah tekanan.

2. Melampirkan Berkas yang Dibutuhkan

Setelah memahami beberapa persyaratan utama untuk melamar menjadi seorang pramugari KA, maka selanjutnya pelamar harus menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Diantaranya, FC KK, FC KTP, FC Ijazah, surat lamaran kerja, surat keterangan sehat dan surat penting lainnya. Sebelum melamar maka pastikan untuk memeriksa semua kelengkapan berkas yang diperlukan.

3. Memiliki Mental dan Fisik yang Kuat

Bekerja sebagai seorang pramugari kereta api harus mempunyai fisik dan mental yang kuat. Sebab pekerjaan ini memerlukan kekuatan untuk mondar-mandir melayani semua penumpang kereta api. Pramugari juga dituntut untuk selalu sigap selama perjalanan berlangsung.

Pramugari dalam kereta api juga harus kuat berjalan ke setiap gerbong kereta untuk membawa dan menawarkan makanan kepada para penumpang. Meski terlihat mudah namun pekerjaan ini juga memiliki tantangan tersendiri. Terutama ketika perjalanan menempuh waktu yang cukup lama hingga 16 jam yaitu perjalanan terjauh dari Malang-Jakarta.

Tahapan Seleksi

Jika tertarik untuk menjadi seorang train attendant atau pramugari di kereta api maka ada beberapa tahap seleksi yang harus dilakukan. Calon pramugari harus dapat lolos di setiap tahapan seleksi agar diterima. Berikut ini beberapa tahap seleksi yang akan ditempuh oleh calon pramugari kereta api:

1. Seleksi Administrasi

Tahap pertama adalah untuk menjadi seorang train attendant adalah dengan mendaftar ke https://recruitment.kai.id/lowongan dan melengkapi semua persyaratan administrasi seperti yang disebutkan di atas. Kemudian pelamar akan melakukan verifikasi semua berkas yang telah diunggah. Apabila lolos pada tahap ini maka nanti akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Performance Test

Pada tahap ini para pelamar akan diseleksi berdasarkan syarat fisik yang telah ditentukan. Seperti mengukur tinggi badan, berat badan ideal, tidak adanya tato, penggunaan kaca mata dan sebagainya. Selanjutnya apabila lolos pada performance test maka nantinya akan lanjut pada tahap wawancara.

3. Seleksi Akhir

Seleksi terakhir sebelum menjadi seorang train attendant adalah wawancara, psikotes dan diakhiri dengan pantukhir. Setiap tahapan tersebut akan dilakukan berurutan untuk menentukan pelamar lolos atau tidaknya pada semua seleksi. Jika pelamar berhasil lolos pada seleksi akhir maka nantinya calon train attendant ini akan mendapatkan berbagai pelatihan sebelum memulai bekerja.

Baca Juga: Bahan Bakar Kereta Api dari Masa ke Masa

Itu tadi adalah beberapa syarat dan tahap yang harus dilalui untuk menjadi seorang pramugari kereta api. Profesi yang satu ini memang memiliki gaji yang menggiurkan, tak hanya gaji pokok namun juga akan mendapatkan tunjangan. Namun untuk bekerja di bidang ini memerlukan kekuatan fisik yang prima.

Leave a Reply