5 Tips Menyewa Bis Pariwisata yang Perlu Diperhatikan

Bis pariwisata saat ini menjadi pilihan akomodasi untuk bepergian dengan orang banyak dan kian diprioritaskan. Selain efisien, menggunakan bis pariwisata tentunya akan memudahkan dalam manajemen perjalanan liburan bersama. Oleh karena itu, saat menyewa bis perlu memperhatikan pemilihan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan liburan.

Bagaimana Tips Menyewa Bis Pariwisata? Simak Penjelasannya Berikut ini

Terkait hal ini, ada beberapa tips menyewa bis pariwisata yang harus dijalankan, di antaranya:

1. Carilah Tempat Penyewaan Bis yang Bagus

Tips menyewa Bis pariwisata yang pertama, adalah mencari tempat penyewaan bis yang bagus. Bagus dalam kaitan hal ini yakni bagus dari segi harga, pelayanan dan tentunya kualitas. Bisa juga membandingkan antara tempat penyewaan satu dengan yang lainnya, supaya mendapatkan bis yang aman dan nyaman.

Selain itu, di masa pandemi seperti ini, pemilihan bis sangat penting untuk melihat juga dari penerapan protokol kesehatan. Seperti pemeriksaan suhu, adanya hand sanitizer,  dan social distancing. Tujuannya agar lebih aman dan nyaman.

Agar lebih mudah, untuk pemilihannya juga bisa lewat media atau platform di internet, dan bisa juga dengan menanyakan kepada yang pernah menyewa bis. Tanyakan mengenai pengalaman dan feedback dari bis pariwisata yang disewanya sebagai pertimbangan.

2. Pilih Kapasitas yang Dapat Ditampung oleh Bis

Dalam pemilihan bis pariwisata yang perlu diperhatikan juga adalah kapasitas bis. Kapasitas bis sangat penting untuk diperhitungkan karena menyangkut jumlah penumpang yang akan ikut. Oleh karena itu, sebelum menyewa perlu melakukan pendataan. Gunanya, setelah data terkumpul, tinggal memilih bis mana yang cocok.

Ada beberapa jenis bis berdasarkan kapasitasnya ada mulai dari 24 kursi, 27 atau 29 kursi, dan 48 hingga 59 kursi. Kapasitas juga mempengaruhi harga sewa. Jadi jika bis yang medium atau mini tentu memiliki harga yang lebih kecil dibanding dengan bis yang besar.

3. Cermati Keberadaan Driver yang Berpengalaman

Untuk memastikan perjalanan liburan yang aman dan nyaman, maka perlu adanya driver yang andal dan berpengalaman. Maka, tips menyewa bis pariwisata yang perlu diperhatikan adalah baiknya pilih jasa dengan driver yang memiliki lisensi dan menguasai medan dengan baik. Jika perlu, bisa cek terlebih dahulu SIM dan identitas diri lainnya dari driver yang akan bertugas.

Karena driver yang bertugas untuk mengemudi bis pariwisata yang berpengalaman, akan mampu menguasai medan dengan baik dan menjamin kenyamanan. Selain itu, akan lebih bijak dalam mengambil keputusan saat perjalanan berlangsung, agar bisa selamat sampai ke tujuannya dan setelah pulangnya.

4. Tentukan Waktu dan Harga yang Pas

Perencanaan dalam melakukan penyewaan sangat memperhatikan waktu, kapan akan digunakannya bis tersebut. Jangan sampai, baru memesan di waktu yang mepet. Karena, belum tentu juga bis yang akan disewa dengan harga yang pas masih ada. Takutnya sudah di booking oleh yang lain. Di samping itu, harga sewa juga dipengaruhi oleh seberapa lama pengguna akan menyewa bis pariwisata tersebut.

Selanjutnya, untuk jauhnya perjalanan yang akan ditempuh, juga berpengaruh dengan harga sewa. Maka, dari itu estimasi dan perencanaan yang matang perlu dilakukan. Supaya dapat memperkirakan harga yang pas dan cocok dengan budget pengguna.

5. Pastikan Mengecek Fasilitas dalam Bis

Terakhir, tips menyewa bis pariwisata yang wajib dijalankan sebelum melakukan pemesanan adalah mengecek fasilitas. Alangkah baiknya, pengguna mengecek langsung keadaan dari fasilitas bis tersebut. Agar tidak mengalami kekecewaan. Selain itu, keberadaan fasilitas sangat penting, khususnya jika akan dikhususkan untuk perjalanan liburan yang jauh.

Karena, saat perjalanan jauh tentunya penumpang akan merasa jenuh apabila fasilitas yang disediakan tidak mendukung. Umumnya, fasilitas yang disediakan pada bis pariwisata meliputi AC, LCD TV, karaoke, WiFi, tour guide, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan asuransi.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Bis Terbaik untuk Berwisata

Nah, itulah beberapa tips menyewa bis pariwisata yang bisa diterapkan sebelum melakukan perjalanan. Tentunya banyak yang harus diperhatikan dalam penyewaan agar perjalanan penumpang semakin nyaman dan aman. Semestinya, pilihlah dengan betul-betul dan jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu berdoa, agar selamat sampai tujuan dan sepulangnya dari liburan!

Leave a Reply