5 Cara Memilih Bis Terbaik untuk Berwisata

Bis merupakan moda transportasi yang banyak dipakai oleh masyarakat umum di Indonesia. Bis biasa dipakai saat ke luar kota atau daerah yang jauh dan juga sering menjadi pilihan bagi rombongan wisata. Karena bis merupakan alat transportasi jarak jauh, maka penumpang perlu memperhatikan berbagai aspek yang ada demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan saat melakukan pemilihan armada.

Bagaimana Cara Memilih Bis Terbaik untuk Pariwisata?

Adapun cara memilih bis terbaik untuk berwisata adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Pilih di Jasa Terpercaya

Cara memilih bis terbaik yang pertama adalah pastikan bahwa perusahaan jasa bis tersebut terpercaya. Pastikan jika perusahaan tersebut memiliki izin usaha yang legal serta taat pajak sehingga penumpang pun tidak perlu khawatir ada masalah kedepannya. Selanjutnya, pastikan pula bahwa perusahaan bis tersebut mempekerjakan pengemudi yang berkompeten di bidangnya dan tidak menyetir dengan sembarangan. Hal ini dapat mengurangi musibah di jalan nantinya bagi penumpang.

Selanjutnya, pilih perusahaan bis yang juga memperhatikan layanan informasi bagi pelanggan. Dengan adanya customer service yang ramah dan informatif, supaya bisa mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan. Terutama dalam hal koordinasi banyak hal nantinya.

2. Lakukan Survey Langsung

Sebelum penumpang memilih untuk menyewa bis tertentu, ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu. Tujuan dari melakukan survey adalah calon penumpang akan mengetahui hal-hal penting mengenai bis yang akan dinaiki nantinya. Seperti bentuk dan warna bis, kondisi bis, kesesuaian jumlah kursi dengan penumpang, harga yang ditentukan, pengemudi yang akan membawanya, dan sebagainya.

Dengan melakukan survey, maka penumpang pun dapat mengetahui secara jelas sehingga lebih mudah memutuskan untuk lanjut atau tidak. Selain itu, perusahaan yang jelas dan baik biasanya akan mengijinkan calon pemakai jasa untuk melakukan hal ini supaya lebih yakin.

3. Pilih Jenis Bis Berdasar Estimasi Keperluan

Bis mempunyai berbagai ukuran dan jenis yang berlainan. Hal ini dibuat berdasarkan kebutuhan penumpang yang beragam. Cara memilih bis terbaik yaitu dengan menyesuaikan jenis bis yang akan dipilih sesuai dengan kepentingan. Contohnya, ukuran, kondisi medan yang akan dilewati, jalur yang akan ditempuh, fasilitas yang disediakan, dan sebagainya.

4. Perhatikan Usia dan Kelayakan Bis

Berikutnya yang harus diperhatikan adalah usia bis. Pilihlah bis yang berusia muda karena biasanya kualitasnya masih bagus serta belum sering mengalami kerusakan akibat dari penggunaan terus menerus. Selain itu, interiornya pun masih bagus dan fasilitasnya masih baru.

Usia bis yang masih muda juga akan meningkatkan kenyamanan penumpang dalam perjalanan. Sedangkan usia bis yang telah lama biasanya sudah mengalami berbagai macam servis karena  digunakan sejak lama. Ditakutkan, bis bisa mendapatkan masalah kerusakan di perjalanan.

5. Pertimbangkan Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas juga menjadi tolak ukur cara memilih bis terbaik. Bis yang dipakai untuk perjalanan jarak jauh biasanya memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan dan keselamatan penumpangnya. Contoh fasilitas yang dimiliki bis yaitu LCD dan alat pemutar lagu ataupun film sebagai hiburan penumpang, supaya tidak bosan. Lalu, ada pula AC agar penumpang tidak kepanasan. Gorden untuk menutupi penumpang dari panasnya sinar matahari yang menembus kaca, serta colokan untuk mengecas ponsel.

Sebagian bis jarak jauh juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti bagasi, kamar mandi, WiFi, tempat sampah, selimut, air mineral dan snack untuk penumpang secara gratis. Lalu, ada pula fasilitas keamanan seperti kantong kresek yang disediakan bila ada penumpang mabuk kendaraan, pintu darurat, dan sarana pemadam kebakaran darurat.

Baca Juga: [LENGKAP] JADWAL KERETA PENATARAN, SURABAYA, DAN BLITAR

Demikianlah cara memilih bis terbaik untuk berwisata bagi penumpang. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, perjalanan penumpang pun akan terasa nyaman dan lancar hingga sampai ke tujuan. Liburan pun menjadi menyenangkan. Selain itu, terakhir sesuaikan pula budget yang ada untuk mendapatkan fasilitas seperti yang diinginkan.

Leave a Reply