5 Macam Bis Pariwisata yang Wajib Diketahui Para Traveller

Ketika berwisata ke sebuah tempat secara berkelompok, biasanya orang memakai jasa transportasi berupa bis. Karena bisa menampung penumpang yang jumlahnya besar sehingga biaya yang diperlukan bisa patungan dan lebih murah. Seiring berjalannya waktu, kini banyak jenis bis pariwisata yang bisa digunakan. Ingin tahu macam macam bis pariwisata tersebut lebih detail? Perhatikan saja penjelasan berikut!

1. Bus High Deck (HD)

Jenis yang pertama adalah bus dengan lantai yang cukup tinggi, yakni 3,85 sampai 3,9 meter. Dengan begitu bus ini memiliki tampilan lebih tinggi dari bus biasanya, serta ada banyak ruang di bawah kabin penumpang. Ruang tersebut tentunya dapat digunakan sebagai bagasi untuk menyimpan beragam bawaan.

Tidak hanya koper dan barang bawaan biasa saja, bagasi ini juga mampu menampung hingga 5 sepeda motor. Ini tentu akan sangat cocok bagi traveller yang berniat membawa kendaraan ke tempat wisata. Bus ini mulai tren tahun 2009 dengan kemunculan pertamanya New Marcopolo dari Karoseri Adiputro, Laksana Legacy, serta Trisakti Phoenix.

2. Bus Super High Deck (SHD)

Jenis bus satu ini adalah yang paling tren dan banyak digunakan. Armada unggulan beberapa PO Indonesia ini memiliki ciri khusus yaitu tinggi kisaran 3,9 meter. Serta bagasi yang sangat luas hingga mampu menampung sepeda motor. Hal yang paling mencolok dari bus ini adalah kaca depan ganda yang memiliki sekat pembatas.

Untuk interior, bus SHD didesain dengan sentuhan mewah yang nyaman. Selain itu dilengkapi pula beberapa fasilitas canggih yang membuat perjalanan semakin menyenangkan tanpa khawatir akan merasa bosan.

3. Bus High Deck (HDD) Dengan Double Glass (DG)

Berbeda dengan kedua jenis bus sebelumnya, bus hasil kembangan SHD ini memiliki tinggi yang lebih rendah. Tingginya sendiri sekitar 3,7 meter, lebih rendah 30 cm dari jenis SHD. Jumlah wiper pada bus ini hanya satu, dan diletakkan di bagian atas atau roof.

Selain itu box potongan di atas fender wheel pada sekat kaca depan memiliki ukuran lebih tipis. Jarak lubang sirkulasi dengan kaca belakang juga lebih sempit. Meski begitu, interior bus ini tak kalah dari macam macam bis pariwisata lainnya. Dilengkapi fasilitas berkelas dan rapi, bus ini layak dipertimbangkan sebagai armada berwisata.

4. Bus Double Decker (DD)

Bus berjenis tingkat ini memang tengah naik daun saat ini di kalangan armada wisata. Bahkan terdapat beberapa bus DD tanpa atap yang memungkinkan penumpang menikmati pemandangan dengan bebas. Tidak hanya sampai di situ, kelebihan lainnya bus ini memiliki kapasitas besar yang mampu mengangkut banyak penumpang.

Dilengkapi pula bermacam fitur dan fasilitas mewah yang memanjakan penumpangnya selama perjalanan. Bus dengan tinggi sekitar 4,15 meter ini memiliki dua deck yang terhubung dengan  tangga. Hingga saat ini, bus DD masih menjadi favorit untuk melengkapi kenyamanan berwisata.

5. Bus Ultra High Decker (UHD)

Jenis yang terakhir datang dari bus pariwisata keluaran terbaru, ultra high decker. Memiliki ketinggian hingga 4 meter dari permukaan tanah, bus ini dilengkapi bagasi berdimensi 1,8 meter. Dirancang dengan mesin berkapasitas 11.967 cc di atas chasis premium Mercedez Benz, bus ini berhasil mencuri perhatian sejak pertama kemunculannya di tahun 2018.

Selain ruang bagasi yang luas, bus ini memberi kemudahan akses naik di bagian depan karena area kursi driver telah dirancang lebih rendah. Sementara pintu tengah akan dilengkapi dengan tangga. Tentunya bus ini wajib masuk daftar armada pariwisata yang layak dicoba.

Baca Juga: 5 REKOMENDASI ARMADA BIS JAWA TENGAH TERBAIK

Itulah macam macam bis pariwisata yang dapat dijadikan referensi bagi para pecinta traveling. Selain memilih tempat wisata, menentukan armada apa yang akan digunakan saat pulang dan pergi juga sangat penting. Tentu tidak mau bukan, jika keseruan berwisata akan berkurang akibat perjalanan yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan?

Tags:

agen penjualan tiket bis po rajawali di pekalongan, harga tiket bus handoyo pekanbaru-tegal, biaya perjalanan sumenep ke situbondo, bis bengkulu palembang, bis cileungsi palembang, bis dari brebes ke lebak bulus, Bis dari jember ke magelang, bis malam solo pekalongan, Bis pagi jurusan Purwodadi, bus dari Pulogebang ke merak

Leave a Reply