Daftar Perusahaan Otobis di Indonesia yang Terbaik!

Semakin bertambahnya kemajuan infrastruktur di Indonesia juga diikuti dengan bertambahnya jumlah transportasi umum. Salah satu alat transportasi umum yang jumlah armadanya terus tumbuh adalah armada bis. Banyaknya bis ini justru terkadang membuat calon penumpang bimbang. Jika pembaca adalah salah satunya, ketahuilah daftar perusahaan otobis di Indonesia yang terbaik berikut:

Kriteria Penilaian Bis Terbaik

Perusahaan otobis tentu sangat bergantung pada kualitas pelayanan bis nya untuk bisa disebut sebagai perusahaan otobis terbaik. Pelayanan ini bisa dikategorisasikan dalam beberapa hal yang bisa mengukur kriteria untuk menilai bagus atau tidaknya bis. Berikut ini adalah 3 hal utama yang bisa menjadi kriteria penilaian bis yang baik:

daftar perusahaan otobis di indonesia

1. Pelayanan yang Baik

Kriteria pertama yang bisa mengukur bagus atau tidaknya armada bis adalah pelayanan yang baik. Pelayanan yang dimaksud di sini memiliki konteks yang cukup luas. Mulai dari pelayanan pembelian tiket hingga pelayanan dalam bis. 

2. Fasilitas Bis

Selanjutnya, kualitas bis bisa dilihat dari fasilitasnya juga. Apakah kursi bis sudah rusak dan tidak nyaman? Setiap armada bis harus melakukan pembaruan secara berkala, termasuk pembaruan kursi penumpang. Bukan hanya itu, sekarang bahkan sudah banyak bis yang menaikkan level fasilitasnya dengan menambahkan toilet.

3. Harga yang Bersaing

Kriteria yang terakhir adalah harganya yang bersaing. Harga tiket bis selama ini sudah diketahui cukup terjangkau. Namun, beberapa bis menerapkan harga yang bervariasi. Biasanya karena menyesuaikan dengan fasilitas. Meski harganya bervariasi menyesuaikan dengan fasilitas dan jarak tempuh, harga bis semestinya tidak terlalu jauh dari rata-rata harga bis pada umumnya.

Daftar Perusahaan Otobis di Indonesia yang Terbaik

Dari beberapa kriteria utama penilaian armada bis di atas bisa menentukan perusahaan otobis mana saja yang terbaik di Indonesia. Tentunya perusahaan-perusahaan ini memenuhi ketiga kriteria di atas. Terlebih lagi, perusahaan ini bukanlah perusahaan baru. Rata-rata perusahaan otobis ini sudah beroperasi sejak lama. Simak daftarnya berikut:

1. Perusahaan Otobis BIG Bird

Sudah cukup lama berdiri sebagai jasa penyedia alat transportasi, BIG Bird bisa diakui sebagai salah satu perusahaan otobis di Indonesia yang terbaik. BIG Bird memang menembak pasaran bus pariwisata. Namun, perusahaan otobis satu ini memberikan fasilitas all out sekelas bis-bis premium!

2. Perusahaan Otobis Trans Jakarta

Siapa yang tidak mengenal Trans Jakarta? Alat transportasi dalam kota ini sering menjadi andalan para pekerja dan pelajar untuk sampai di tujuan tepat waktu. Ternyata Trans Jakarta mendapatkan rating bintang 4 dari Kemenhub! Sistem transportasi yang digunakan Trans Jakarta bahkan disebut sebagai yang pertama di Asia Tenggara.

3. Perusahaan Otobis DAMRI

Tidak kalah dengan Trans Jakarta, bis DAMRI pasti juga tidak asing ditelinga para penumpang setiap bis. DAMRI biasanya melayani jasa transportasi dalam kota. Namun, baru-baru ini DAMRI membuka armada baru, antar kota dengan lokasi pariwisata sebagai tujuannya. Bis DAMRI sudah mendapatkan bintang 5 untuk penilaian pelayanannya dari Kemenhub.

4. Perusahaan Otobis Eagle High

Sama seperti BIG Bird dan DAMRI, Eagle High juga termasuk dalam daftar perusahaan otobis yang mendapat rating bintang 5 atas pelayanannya yang hebat. Eagle High merupakan perusahaan otobis penyedia jasa transportasi pariwisata. Fasilitasnya sangat premium. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa penumpang Eagle High biasanya berada dari kalangan menengah ke atas.

5. Perusahaan Otobis Gunung Harta

Bis satu ini juga cukup terkenal. Gunung Harta sudah menyediakan jasanya sejak tahun 1990an. Tidak heran mengapa perusahaan ini termasuk dalam salah satu perusahaan otobis di Indonesia yang terbaik. Selama perjalanannya, Gunung Harta membuka beberapa armada untuk pariwisata dan bis malam. Kemenhub memberikan peringkat bintang 4 untuk Gunung Harta.

Itulah daftar perusahaan otobis di Indonesia yang terbaik. Jangan ragu untuk naik bis karena sekarang fasilitas dan pelayanan bis sudah semakin maju. Menggunakan bis sebagai alat transportasi tentunya juga akan sangat membantu mengurangi kemacetan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply