Cara Beli Tiket Kereta Api Online Indomaret dengan Mudah

Membeli tiket kereta api kini bisa dilakukan secara online, melalui beberapa kanal penjualan tiket yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Pembeli tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke stasiun. Paling mudah, pembeli bisa mengunjungi gerai indomaret terdekat untuk memesan tiket KA. Cara beli tiket kereta api online Indomaret tentunya sangat mudah.

Gerainya yang ada di banyak tempat membuatnya lebih mudah dijangkau pembeli. Selain itu, pembelian tiket di Indomaret bisa menggunakan pembayaran tunai maupun non tunai. Berikut cara pembelian tiket KA di Indomaret:

Cara Beli Tiket Kereta Api Online Indomaret

1. Pemesanan Tiket Melalui Gerai Indomaret

Kunjungi gerai Indomaret terdekat, lalu langsung menuju kasir. Infokan bahwa akan melakukan pemesanan tiket KA. Sampaikan tanggal keberangkatan, stasiun asal serta statsiun yang dituju. Selanjutnya petugas akan mencarikan data KA yang sesuai dan menginformasikannya kepada calon pembeli.

Pembeli tinggal memilih jadwal, kelas, serta harga kereta sesuai dengan kebutuhan pembeli. Petugas akan meminta data diri penumpang kereta yang akan dipesan. Sampaikan data sesuai KTP penumpang, agar tidak terjadi masalah pada saat keberangkatan. Pembeli juga bisa memilih tempat duduk, jadi infokan kepada petugas jika ingin me-request lokasi duduk.

2. Pemesanan Tiket Melalui Klik Indomaret

Selain melalui kasir Indomaret, pembelian tiket KA juga bisa dilakukan melalui Klik Indomaret. Pengguna bisa mengunjungi situs https://travel.klikindomaret.com/ untuk pemesanan melalui peramban. Pilihan lain, pengguna bisa memasang aplikasi Klik Indomaret pada smartphone. Beberapa gerai Indomaret juga menyediakan LCD yang bisa diakses pengguna, untuk melakukan pemesanan KA secara mandiri.

Langkah pertama untuk pemesanan tiket KA melalui Klik Indomaret adalah dengan mengisi data stasiun asal dan tujuan, jumlah penumpang, serta tanggal keberangkatan. Selanjutnya akan muncul daftar kereta yang sesuai. Pilih salah satu kereta yang diinginkan.

Isi data pemesan serta data penumpang sesuai KTP, kemudian pilih kursi yang sesuai dengan keinginan. Cek kembali data yang dimasukkan sebelum melanjutkan proses pemesanan. Selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman pembayaran.

3. Pembayaran Tiket

Setelah memilih tempat pembelian, pembaca bisa langsung membayar tiket. Salah satu kelebihan pemesanan tiket melalui Indomaret adalah bisa melakukan pembayaran secara tunai atau juga non tunai. Jadi pembeli yang tidak bisa melakukan pembayaran non tunai, bisa melakukan pembelian secara tunai atau langsung melalui kasir Indomaret.

Cara beli tiket kereta api online Indomaret lainnya juga bisa dilakukan dengan pembayaran non tunai. Pembeli bisa membayar dengan menggesek kartu kredit atau debit, melalui aplikasi mobile banking, atau dengan transfer melalui mesin ATM.

4. Dapatkan Kode Booking

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, pengguna akan mendapatkan kode booking atau e-tiket sebagai tanda bahwa pemesanan telah berhasil dilakukan. Kode booking bisa dilihat dalam struk pembelian yang diberikan kasir Indomaret. Jika pembelian dilakukan melalui Klik Indomaret, kode booking ini bisa dilihat dalam e-tiket yang dikirimkan kepada pembeli melalui email.

5. Cetak Tiket Kereta Api

Kode booking atau e-tiket yang diberikan Indomaret kepada pembeli bukanlah tiket asli. Pembeli harus menukarkannya dengan tiket kereta api yang asli di stasiun keberangkatan. Penukaran tiket dilakukan dengan memasukkan kode booking tersebut ke dalam mesin check in yang ada di stasiun.

Mesin akan mencetak tiket yang sesuai dengan kode booking yang pengguna masukkan. Pencetakan tiket asli ini dapat dilakukan h-7 sebelum kereta berangkat.

Jadi, begitulah cara beli tiket kereta api online Indomaret. Cukup mudah bukan? Fyi, indomaret serta kanal pembelian tiket KA online lainnya akan menarik biaya admin sebesar 7.500 rupiah. Hal ini untuk sekali transaksi pembelian tiket.

Leave a Reply